LifeStyle

Pencatatan Kekayaan dan Utang

Sama hal nya dengan mencatat pengeluaran secara rutin, maka mencatat kekayaan dan utang juga perlu dilakukan. Catatan kekayaan adalah daftar harta/ kekayaan dan besarnya/ jumlahnya yang dimiliki saat ini. Sementara catatan utang adalah daftar jenis-jenis utang dan jumlahnya/ nominal yang harus dilunasi (bukan cicilannya).

Apakah penting mencatat kekayaan dan utang? Ini alasannya.

  1. Mengidentifikasi seluruh kekayaan yang dimiliki (beserta bukti kepemilikan yang dinyatakan dalam surat/ dokumen hukum)
  2. Mengidentifikasi jumlah utang yang harus dibayar
  3. Mengetahui kekayaan bersih yang dimiliki
  4. Sebagai sumber dana untuk kebutuhan masa depan
  5. Menjadi ukuran kesehatan untuk evaluasi
  6. Dasar perhitungan pajak
  7. Menetapkan harta dan kewajiban bagi ahli waris

Nah dari poin-poin diatas tentunya Sobat Fina udah jadi paham ya kenapa kekayaan dan utang perlu dicatat. Dan mungkin di zaman yang modern ini sudah ada aplikasi yang memudahkan kita untuk mencatat kekayaan dan utang secara digital. Tapi pada prinsipnya, Sobat Fina mengetahui ada berapa dan apa saja aset dan utang yang dimiliki yang akan memudahkan Sobat Fina kedepannya. 

Untuk mengidentifikasi kekayaan dan utang, Sobat Fina bisa menggunakan tabel berikut ini:

KekayaanUtang
– Aset Lancar (tunai, tabungan, emas)
– Aset Kurang Lancar (Motor, mesin giling padi, rumah, sawah)
– Nilai saat ini (pasar) 
– Jenis utang (KPR, usaha, konsumtif)
– Sisa saldo yang masih harus dilunasi

Kekayaan Bersih adalah jumlah kekayaan dikurangi (-) dengan jumlah utang. Perhitungan ini memberikan indikasi perkembangan kekayaan. Semakin besar nilai bersih kekayaan maka akan semakin baik. Dalam jangka panjang, Sobat Fina harus merencanakan untuk mengembangkan kekayaan yang produktif.

Berikut ini contoh catatan kekayaan dan utang:

Begitu pentingnya pencatatan kekayaan dan utang membuat kita secara berkala harus mengecek berapa nilai bersih kekayaan yang kita miliki. Misalnya 1 kali di setiap semester.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *