LifeStyle

5 Manfaat Kartu Kredit

5 Manfaat Kartu Kredit – Perkembangan teknologi turut mempengaruhi sistem transaksi kita saat ini, penggunaan uang tunai semakin ditinggalkan dan perlahan orang cenderung lebih menyukai transaksi elektronik (cashless society), salah satunya dengan menggunakan kartu kredit.

Namun penggunaan kartu kredit ini masih menimbulkan dari pro dan kontra di masyarakat, ada yang menolaknya karena dinilai dapat mendorong perilaku konsumtif, namun di satu sisi ada juga manfaat kartu kredit karena beberapa benefit yang ditawarkan.

1. Bisa Kredit Barang Dengan Cicilan 0%

Fitur ini adalah salah satu alasan manfaat kartu kredit yang dicari banyak orang. Melalui fitur ini kita bisa membeli barang yang harganya relatif mahal tanpa harus membayarnya saat itu juga, karena kita dapat membayarnya (cicil) dalam jangka waktu yang ditawarkan, biasanya 3 sampai 12 bulan, dan bunganya 0%.

Bayangkan jika tanpa kartu kredit, kita harus menabung terlebih dahulu untuk mendapatkan barang yang kita inginkan, pun belum tentu tabungan kita terpenuhi sesuai yang jangka waktu yang ditargetkan.

Sedangkan dengan menggunakan kartu kredit kita bisa mendapatkan barangnya terlebih dahulu, namun mau tak mau setelah itu ada tuntutan untuk membayarnya secara rutin.

2. Membayar Tagihan Rutin Lebih Efisien

Penggunaan kartu kredit juga bisa kita manfaatkan untuk membayar tagihan rutin seperti tagihan listrik, cicilan rumah, internet, dan lain-lain. Kita bisa mendaftarkan daftar tagihan kita dan meminta Bank penyedia kartu kredit untuk membayar tagihan-tagihan tersebut dengen mendebet dari limit kartu kredit, sehingga kita tidak perlu membayarnya satu persatu.

Nah, saat tagihan kartu kredit datang, kita bisa membayarnya sekaligus. Lebih efisien bukan? Selain itu, biasanya ada point rewards dari penggunaan fasilitas ini. Poin ini bisa kita tukar dengan beragam bonus atau promo yang ditawarkan Bank penyedia kartu kredit tersebut.

 [ Baca Juga : Hendak Berutang? Jangan Abaikan 4 Hal Berikut ]

3. Berburu Diskon dan Rewards

Bank penyedia kartu kredit biasanya menawarkan banyak diskon untuk pembelanjaan yang menggunakan kartu kredit. Fasilitas ini bisa kita manfaatkan untuk penghematan, dengan demikian kita harus jeli dan rajin mengecek diskon-diskon yang ditawarkan.

Selain itu, Bank penyedia kartu kredit juga biasanya memberikan point rewards atas penggunaan kartu kredit kita. Setiap bank memberikan poin yang berbeda-beda, contohnya, ada yang memberi 1 poin untuk setiap transaksi senilai Rp. 2.500, ada juga Bank yang menetapkan Rp 11.500 untuk mendapat 1 poinnya.

Nah, agar poin yang kita kumpulkan bisa lebih banyak, pilihlah Bank penyedia kartu kredit yang menawarkan transaksi yang lebih kecil untuk mendapatkan poin rewards.

4. Membangun Credit Score

Memiliki riwayat kredit tidak selalu buruk, hal ini justru bisa kita manfaatkan untuk membangun credit score  yang baik.

Credit Score ini akan sangat membantu ketika hendak berurusan dengan Bank, contohnya saat akan mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) biasanya pihak bank akan melihat sejauh mana kedisiplinan kita dari credit score yang kita miliki.

Semakin disipilin membayar tagihan kartu kredit, semakin baik pula credit score kita, dan semakin mudah ketika mengajukan pinjaman ke Bank. Terdapat beberapa Bank yang meminta persyaratan lebih rumit bagi calon peminjam yang tidak memiliki kartu kredit.

 [ Baca Juga : 5 Rahasia Beyonce Dalam Mengelola Uang ]

5. Jaga-Jaga Untuk Keadaan Darurat

Seperti kita ketahui, kemungkinan-kemungkinan buruk bisa terjadi kapan saja, termasuk dalam masalah keuangan.

Misalnya saat  mendesak harus melakukan pembayaran namun tak ada uang tunai yang kita pegang, kartu kredit bisa kita andalkan untuk menangani pembayaran tersebut. Kartu kredit relatif lebih cepat dan praktis untuk digunakan dalam keadaaan darurat ketimbang harus mencari pinjaman ke luar.

Perlu diingat ya butuh atau tidak dan baik buruknya kartu kredit kembali lagi pada sikap dan pribadi masing-masing. Nah 5 manfaat kartu kredit tadi bisa diperoleh jika kita menggunakannya dengan bijak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *