LifeStyle

Alternatif Pemasukan di Masa Pandemi

Pandemi sudah berjalan kurang lebih 2 tahun. Ada beberapa negara yang sudah tidak mengalami penambahan kasus positif tapi di beberapa negara lain justru mulai menaikkan gelombang baru lagi. Entah sampai kapan pandemi ini berakhir, tapi tentunya ada banyak hal positif lainnya yang dapat kita kerjakan.

Beberapa teman mungkin ada yang sudah tidak bekerja karena dirumahkan oleh perusahaannya, ada juga yang memutuskan untuk berhenti karena tidak lagi nyaman dengan sistem kerja di masa pandemi, ada juga yang justru mendapatkan banyak penghasilan sejak pandemi

Berikut beberapa aktivitas atau pekerjaan yang dapat menghasilkan nilai uang, tidak hanya sebagai penghasilan tambahan bahkan sebagai penghasilan utama.

  1. Content Creator.

Tidak bisa dipungkiri kalau membuat konten di media sosial masih menjadi primadona saat ini walaupun sudah banyak orang yang melakukannya. Di masa pandemi, Khaby Lame, pengguna Tik Tok asal Senegal yang dirumahkan di masa pandemi justru mendapatkan banyak uang dan ketenaran setelah membuat konten yang sederhana di Tik Tok.

  1. Frozen Food.

Semasa pandemi, ada begitu banyak perilaku manusia di seluruh muka bumi yang berubah terlebih banyak aktivitas yang dilakukan di rumah. Menyimpan lebih banyak makanan karena menghindari keluar rumah/ kerumunan, membuat para kaum hawa memiliki waktu lebih banyak di dapur untuk mengkreasikan makanan. Walaupun sudah banyak aktifitas di luar rumah untuk berbelanja bahan masakan, tapi tetap saja kemudahan dalam memasak menjadi yang utama

  1. Pengantar Makanan (Driver Online)

Imbas dari kemudahan memasak, tentunya harus ada orang yang mengantarkan. Driver online dari berbagai macam aplikasi saat ini berseliweran di jalanan untuk mengantarkan makanan.

  1. Konsultasi Jasa

Dengan bekerja lebih banyak di rumah, kebanyakan orang mulai tidak sungkan untuk menawarkan jasa/ keahliannya hingga bisa di monetisasi. Mulai dari kelas-kelas online, menulis untuk website tertentu, digital marketing specialist atau apapun bentuk nya. Kemampuan ini bisa didapatkan dari bangku-bangku formal pendidikan ataupun non-formal seperti workshop bersertifikasi.

Dan tentunya masih banyak lagi aktifitas yang bisa Sobat Fina manfaatkan untuk menambah pemasukan di masa pandemi. Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan.

Cara paling ampuh untuk mendapatkan peluang tersebut adalah mengenali diri sendiri.

Kemampuan apa yang dimiliki yang bisa dikerjakan di luar jam kerja utama agar tidak mengganggu produktifitas. Setelah itu Sobat Fina bisa menghubungi teman-teman, kolega atau keluarga sambil menawarkan apa yang menjadi keahlian atau aktifitas lain yang dikerjakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika sudah berkeluarga, jangan lupa untuk meminta izin, karena pastinya ada waktu yang terpakai yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

Selamat mencoba 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *