5 Prioritas Investasi Keluarga Muda
Investasi

5 PRIORITAS INVESTASI KELUARGA MUDA

Merencanakan keuangan keluarga merupakan fase penting yang harus dilakukan oleh setiap pasangan, terutama bagi keluarga muda. Tujuannya agar mampu mengatasi berbagai macam masalah juga kebutuhan dalam keluarga di masa mendatang. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan berinvestasi.

Bagi keluarga muda, merencanakan investasi akan menjadi langkah tepat untuk memenuhi kebutuhan keluarga di masa depan. Oleh karena itu, Fina akan kasih rekomendasi 5 prioritas investasi keluarga muda nih!

1. Dana Darurat

Prioritas investasi keluarga muda pertama adalah dana darurat (emergency fund). Alokasi umumnya sebesar 3 – 12 kali pengeluaran bulanan Anda. Fungsi dana darurat ini sendiri diperuntukan untuk mengantisipasi terjadinya suatu insiden atau kebutuhan darurat yang harus disegerakan.

Menyisihkan keuangan untuk Dana Darurat dapat meminimalisir resiko pengeluaran tak terduga, karena ketika terjadi situasi darurat, Anda sudah memiliki anggarannya. Anggap saja dana darurat itu sebagai Ban Serep Investasi dalam perjalanan hidup Anda!

2. Proteksi Asuransi (Kesehatan/Jiwa)

Prioritas investasi keluarga muda yang kedua adalah proteksi kesehatan dan jiwa melalui asuransi. Asuransi memang tidak tergolong ke dalam kategori investasi. Namun, kebutuhan terhadap asuransi juga tidak kalah penting dengan investasi. Meskipun Anda sudah memiliki investasi dana darurat, ada baiknya jika Anda bisa memisahkan kepemilikan dana darurat dan asuransi kesehatan. Bisa jadi, ketika ada insiden terjadi dan dana darurat sudah habis, Anda masih mempunyai asuransi untuk digunakan.

Asuransi jiwa sangat direkomendasikan khususnya jika dalam satu keluarga hanya mengandalkan satu sumber pemasukan. Asuransi ini ditujukan untuk meminimalisir resiko, jika pihak pencari nafkah utama dalam keluarga berada dalam kondisi yang tidak bisa lagi memberikan penghasilan. Dengan asuransi, pihak keluarga lainnya masih bisa mendapatkan income berupa uang pertanggungan.

3. Rumah Impian

Memiliki rumah sendiri pasti merupakan sebuah impian bagi setiap keluarga muda. Karena itu, pastikan Anda membeli rumah sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan Anda, sehingga alokasi dana investasi yang menjadi prioritas investasi keluarga muda dapat dilakukan secara tepat. Berinvestasi untuk memiliki rumah impian dapat diwujudkan melalui investasi dengan mempertimbangkan aspek nilai dan waktu.

Pertama, jika Anda membutuhkan rumah karena terdesak oleh waktu, Anda bisa mempertimbangkan investasi yang cukup untuk uang muka rumah impian Anda dan mencicil sisa pembayarannya. Kedua, jika Anda memang tidak terikat waktu dan sudah memiliki rencana untuk membeli rumah sejak awal, Anda paling mungkin untuk dapat menabung investasi untuk seluruh harga rumah Anda tersebut. Namun, jika Anda tidak berada dalam keduanya, maka investasi belum tepat menjadi jalan Anda dalam mewujudkan rumah impian Anda. Karena pada dasarnya, investasi itu baru akan terasa keuntungan dan kemudahannya dalam jangka panjang.

4. Pendidikan Anak

Dana pendidikan anak merupakan salah satu investasi jangka panjang yang harus menjadi prioritas investasi keluarga muda untuk disiapkan sejak dini, karena sejatinya setiap orang tua pasti menginginkan pendidikan terbaik untuk anaknya. Dana pendidikan yang utamanya dipersiapkan oleh orang tua adalah dana untuk biaya pendidikan tinggi.

Biaya untuk pendidikan tinggi sekarang ini sudah sangat tinggi nilainya, bayangkan kenaikannya di masa depan saat anak Anda harus menempuh pendidikan tinggi! Laju inflasi dana pendidikan secara umum mengalami kenaikan sekitar 10-15% tiap tahun. Maka dari itu orang tua harus mulai membuat estimasi biaya pendidikan sejak awal menikah agar terhindar dari hutang. Ketika usia pernikahan masih muda dan belum memiliki tanggungan anak, investasi pendidikan anak dapat dijadikan sebagai momentum yang tepat bagi Anda dalam menyusun rencana investasi pendidikan.

5. Dana Pensiun

Ketika waktu produktif untuk bekerja sudah habis dan anak sudah beranjak dewasa, Anda tidak mau kan terjebak dalam Sandwich Generation? Oleh sebab itu, Amankan Masa Depan dengan Investasi, kemudian atur jangka waktu investasi dengan target pemenuhan lebih dari 10 tahun. Karena Fina yakin, mempersiapkan dana di masa pensiun bukan hanya prioritas investasi keluarga muda, namun juga memiliki arti yang sangat penting untuk kebahagian keluarga di hari tua, yuk, rencanakan investasi dari sekarang dengan Halofina!

Oh iya, Fina juga punya rekomendasi lain yang bisa dijadikan prioritas investasi keluarga muda nih!

1. Haji/Umrah

Bagi pasangan yang beragama muslim, salah satu rekomendasi investasi yang bisa dipilih adalah Haji/Umrah. Jadi tentukan dari sekarang pada usia berapa Anda ingin pergi beribadah ke tanah suci, karena jika sejak awal semuanya telah terencana dengan baik, maka niat untuk menunaikannya pun akan terwujud.

2. Liburan

Tak kalah pentingnya dengan jenis investasi diatas, investasi untuk tujuan Liburan kerap menjadi salah satu pilihan bagi keluarga muda sekarang ini. Liburan bisa dianggap sebagai impian bagi setiap pasangan muda, apalagi liburan bersama anak. Tapi jangan salah, anggaran liburan juga harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, apalagi keinginan untuk liburannya ke luar negeri, supaya segala destinasi wisata yang ingin dikunjungi bisa terealisasi dengan baik dan liburan pun akan menyenangkan.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi investasi keluarga muda yang bisa Anda pilih, setiap pasangan pasti mempunyai prioritasnya masing-masing dalam membuat rencana investasi, tapi jangan sampai Anda tidak paham akan tujuan investasinya. Jadi tentukan LifePlan Anda terlebih dahulu, lalu cari rekomendasi investasi yang tepat juga sesuai dengan kemampuan Anda di aplikasi Halofina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *