5 Prasyarat Sukses Berinvestasi
Investasi

5 PRASYARAT SUKSES BERINVESTASI

Berbicara tentang investasi, banyak sekali masyarakat yang masih belum paham bagaimana seharusnya memulai investasi dan apa saja yang harus disiapkan. Banyak masyarakat terperangkap pada investasi bodong, karena tergiur dengan keuntungan, tanpa tahu apa sebenarnya yang harus dilakukan sebelum berinvestasi. Berikut adalah 5 prasyarat sukses berinvestasi yang dapat dilakukan:

1. Investasi itu harus mempunyai tujuan

Investasi tanpa ada tujuan, sama halnya kalian pergi ke sebuah tempat, tapi kalian tidak tahu tempat mana yang akan dituju

Hal yang harus ditekankan pada orang yang akan berinvestasi adalah mempunyai tujuan, banyak masyarakat yang melakukan investasi tapi tidak paham untuk apa investasi tersebut.  Misalnya kalian bisa tentukan tujuan investasi untuk dana darurat, pendidikan anak, haji/umroh, dan sebagainya.

Tujuan ini harus dibangun sejak awal, supaya kita bisa mengukur ketercapaian yang ingin diraih melalui investasi.

2. Investasi itu harus mempunyai jangka waktu

Banyak orang terjebak pada keinginan untuk melakukan investasi, namun merasa terjebak karena waktunya lama serta bingung ketika return imbal yang didapat tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pada kasus ini masyarakat belum paham instrument dan jangka waktu yang sesuai ketika akan melakukan investasi.

Fina akan berikan saran, misalkan Fino telah memiliki tujuan investasi untuk kebutuhan pensiun di umur 55 tahun, pada saat ini Fino berumur 25 tahun. Dalam hal ini Fino membutuhkan waktu 30 tahun untuk melakukan investasi, sehingga instrumen yang sesuai untuk Fino adalah saham reksadana. Beda halnya jika Fina berencana investasi untuk persiapan pernikahan di umur 28 tahun, sedangkan umur Fina sekarang adalah 24 tahun, sehingga instrumen investasi yang sesuai untuk Fina adalah sukuk, atau obligasi.

3. Ketahui besar nilai yang akan didapat

Hal penting lainnya yang harus kalian lakukan sebelum melakukan investasi adalah mengetahui besar nilai return yang akan didapatkan, banyak para pemula yang melakukan investasi dengan angka yang cukup besar namun tidak mendapat hasil yang besar juga. Hal tersebut terjadi karena masyarakat tidak memperhitungkan profil risiko pada instrument investasi yang dipilih. Oleh karena itu coba pelajari profil risiko dan nilai return sebelum kalian melakukan investasi.

4. Melakukan investasi secara berkala

Bagi para pemula yang baru memulai investasi, jika telah melakukan 3 hal diatas secara baik, kalian hanya perlu menyisihkan pendapatan kalian untuk bertransaksi secara berkala pada investasi yang dipilih. Jangan sampai tujuan kalian teralihkan dengan kebutuhan yang lain, sehingga pendapatan yang seharusnya disisihkan untuk investasi malah kalian gunakan untuk kebutuhan lain. Dalam memulai investasi tentunya membutuhkan konsistensi sehingga tujuan kalian dapat tercapai dalam waktu tempo yang sudah ditentukan.

5. Gunakan Halofina

Gunakan aplikasi Halofina, karena itu merupakan paket lengkap untuk kalian yang akan memulai investasi. Empat hal diatas bisa kalian temukan hanya dalam satu gengaman di aplikasi Halofina, sehingga beberapa permasalahan ketika akan melakukan investasi bisa kalian atasi dengan mengetahui panduannya di Halofina.

Nah, itu dia 5 prasyarat sukses berinvestasi yang wajib yang kalian ketahui sebelum melakukan investasi. Jangan samakan investasi dengan menabung. Analoginya jika menabung itu menyisihkan sebagian penghasilan karena ada kelebihan, sedangkan investasi menggunakan tabungan tersebut untuk menyiapkan tujuan masa depan. So, jangan takut untuk memulai investasi, karena investasi itu semudah menabung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *