Potensi Halal Lifestyle di Indonesia, Sektor Mana Saja yang Disasar?
LifeStyle

Potensi Halal Lifestyle di Indonesia, Sektor Mana Saja yang Disasar?

Mencari makanan yang halal sekarang sudah bukan jadi hal yang sulit di Indonesia. Sebagai negara dengan penduduk yang mayoritas muslim, label halal pada produk makanan dan minuman menjadi sebuah hal yang sangat penting. Tapi tahukah sahabat Fina? Label halal sekarang tidak hanya diberikan pada produk makanan dan minuman saja, tapi juga kosmetik, properti, hingga penyembelihan hewan dan proses transaksi perbankan maupun non-perbankan. Hal tersebut menunjukan bahwa potensi halal lifestyle di Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk berkembang.

Center for Middle Class Consumer Studies (CMCS) melansir bahwa, revolusi preferensi konsumen di Indonesia terhadap produk halal semakin meningkat setiap tahunnya. Faktor penyebab kecenderungan preferensi tersebut disebabkan oleh mayoritas penduduk Indonesia yang 87 persen adalah muslim.

Dari fenomena tersebut, banyak sektor industri halal yang mungkin dikembangkan potensinya di Indonesia baik di bidang penyedia jasa maupun barang. Maka dari itu, urgensi adanya sertifikasi halal menjadi kian penting melihat dari perilaku yang sekarang terjadi di lingkup masyarakat. Beranjak dari hal tersebut, geliat “halal” bukan lagi hanya menjadi label semata, melainkan telah berevolusi menjadi sebuah gaya hidup.

Dalam buku Middle Class Muslim, Yuswohady memaparkan bahwa terdapat empat sosok konsumen muslim di Indonesia; yakni Apathist, Rationalist, Conformist dan Universalist. Bagi kaum Conformist dan Universalist, memenuhi gaya hidup berbasiskan agama/syaria’ sangat penting, sehingga halal lifestyle menjadi sebuah prioritas. Oleh karena itu, Fina akan memaparkan beberapa sektor industri halal yang disasar oleh masyarakat di Indonesia:

1.Pemenuhan Kebutuhan Harian

Tetap modern, trendy dan religius menjadi sebuah fenomena menarik yang terjadi pada wanita muslim di Indonesia saat ini. Para wanita muslim semakin berlomba-lomba menggunakan pakaian syari juga hijab terkini. Banyak orang yang menyebut hal tersebut sebagai proses “hijrah” pada wanita. Banyak juga masyarakat yang memilih untuk memenuhi kebutuhan dari makanan hingga kosmetik untuk memiliki basis syariah.

2. Impian Sekolah Berbasis Agama untuk Pendidikan Anak

Khususnya para orang tua, selain memenuhi kebutuhan harian, persiapan dana pendidikan anak pastilah menjadi prioritas dalam merencanakan anggaran keuangan.

Meningkatnya preferensi halal lifestyle di Indonesia sekarang ini, membuat banyak orang tua ingin menyekolahkan anaknya di sekolah berbasis agama. Tujuannya untuk mengantisipasi pergaulan bebas yang terjadi sekarang ini.

Namun perlu diingat, orang tua juga perlu melakukan anggaran dana pendidikan anak sejak dini. Karena inflasi pendidikan cenderung memiliki kenaikan paling tinggi tiap tahunnya, yaitu 10-15% setiap tahunnya.

3. Ibadah Umroh

Ibadah umroh kini menjadi salah satu industri yang mengalami pertumbuhan yang menakjubkan. Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang jamaah umroh terbesar di dunia. Tak heran apabila masyarakat Indonesia berbondong-bondong pergi umroh, karena sudah menjadi daftar wajib halal lifestyle yang harus dilakukan. Khusus bagi the middle class muslim, ibadah umroh bisa menjadi sebuah wisata atau liburan religi yang terencana.

Menurut Kementrian Agama Republik Indonesia (KEMENAG RI), biaya standar umroh berkisar Rp 20 juta, beberapa travel agency juga menyediakan paket umroh sekaligus liburan ke Turki seharga Rp 45 Juta. Jika masyarakat bisa menyisihkan pendapatannya secara disiplin, maka salah satu halal lifestyle ini pasti bisa terwujud.

4. Zakat dan Sedekah

Zakat atau pun sedekah merupakan salah satu bentuk manajemen resiko yang saat ini banyak dilakukan oleh masyarakat. Banyak orang yang sudah menambahkan simpanan zakat dan sedekah ke dalam portofolio keuangan mereka. Tujuannya supaya kebaikan dan keselamatan akan diperoleh di akhirat kelak. Menurut Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), sepanjang tahun 2015 hingga Maret 2017 total dana zakat yang berhasil dihimpun oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BAZNAS telah mencapai Rp 2,1 Miliar dan terus mengalami peningkatan jumlah rekening penyalur setiap tahunnya.

Kenaikan jumlah rekening penyalur tersebut merupakan salah satu wujud nyata kesadaran masyarakat dalam mengadopsi nilai-nilai islam serta menerapkannya dalam prioritas kehidupan sehari-hari. Hal tersebut membuktikan bahwa potensi halal lifestyle di Indonesia memang tengah digandrungi oleh masyarakat dan telah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Preferensi Keuangan Syariah

Pengelolaan keuangan merupakan aspek krusial dalam kehidupan setiap individu. Preferensi keuangan syariah saat ini sudah menjadi salah satu halal lifestyle yang sangat dipertimbangkan oleh masyarakat Indonesia.

Tingginya minat masyarakat pada keuangan syariah membuat banyak institusi perbankan dan non-perbankan berlomba-lomba untuk menyediakan produk keuangan syariah.

Salah satu bank syariah ternama di Indonesia mengklaim bahwa pertumbuhan bank syariah di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan, yaitu sampai 40% setiap tahunnya. Jauh melebihi pertumbuhan bank konvensional yang tidak sampai 20% per tahunnya. Hal tersebut disebabkan karena geliat masyarakat Indonesia yang mulai concern terhadap keuangan syariah serta menyisipkan halal lifestyle.

Tidak hanya sektor perbankan, kini investasi syariah juga kian menarik perhatian masyarakat Indonesia. Label “syariah” memang menjadi kata kunci yang penting dalam halal lifestyle ini, sehingga masyarakat mulai beralih kepada sektor investasi syariah ini. Menurut lansiran OJK pada bulan Februari 2019, setiap tahunnya Investasi Reksa Dana Syariah selalu mengalami peningkatan Nilai Aktiva Bersih (NAB) setiap tahunnya sejak tahun 2013 sampai dengan 2019.

Itu dia beberapa potensi halal lifestyle di Indonesia yang mungkin akan terus berkembang di Indonesia, tapi jangan lupa selalu pertimbangkan segala hal yang akan kalian ambil ya. Jangan sampai gaya hidup kalian malah jadi berlebihan, apalagi sampai mengganggu kestabilan keuangan kalian. Nah, bagi yang bingung merencanakan keuangannya, aplikasi Halofina juga menyediakan pilihan produk investasi reksa dana syariah untuk mewujudkan halal life style pilihan kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *